Langsung ke konten utama

Review Artikel "RANGKUMAN JURNAL PERANCANGAN APLIKASI ENKRIPSI DEKRIPSI MENGGUNAKAN METODE CAESAR CHIPER DAN OPERASI XOR"

 

REVIEW ARTIKEL


Judul                    : "RANGKUMAN JURNAL PERANCANGAN APLIKASI ENKRIPSI DEKRIPSI                                                   MENGGUNAKAN METODE CAESAR CHIPER DAN OPERASI XOR"

Jurnal                  Ikraith-Informatika

Volume  & Hal    : Vol. 2 No.1, Hal. 72-80

Tahun                  : 2018

Penulis                 : Nur Aziz

Link Artikel         http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/download/214/113


Reviewer :

Nama : Yohanes Bosco Christo Setya Atmaka

NPM : 19316049

Mata Kuliah : Kriptografi


1. Permasalahan

    Pada jurnal ini permasalahan terletak pada perkembangan teknologi yang begitu pesat memungkinkan manusia dapat berkomunikasi dan saling bertukar informasi/data secara jarak jauh. Maka diperlukan pengamanan untuk informasi/data disinilah fungsi sebuah kriptografi.
Pada kriptografi terdapat dua konsep yaitu Enkripsi dan Deskripsi. Enkripsi adalah proses dimana informasi/data yang hendak dikirim diubah menjadi bentuk yang hampir tidak dikenali sebagai informasi awalnya dengan menggunakan algoritma tertentu. Dekripsi adalah kebalikan dari enkripsi yaitu mengubah kembali bentuk tersamar tersebut menjadi informasi awal.
Banyak sekali metode kriptografi yang ada, diantaranya metode Caesar Chipper dan Operasi XOR yang digunakan pada artikel ini. Terdapat dua permasalahan pada artikel ini yaitu :
- Bagaimana mengimplementasikan teknologi enkripsi dan dekripsi pesan dengan menggunakan algoritma caesar chiper dan operasi XOR ? 
- Bagaimana merancang aplikasi enkripsi dan dekripsi berbasis Visual Studio 2005 dengan menggunakan algoritma ceasar chiper dan operasi XOR ?

2. Pembahasan

Pada bagian pembahasan, penulis membagi sub pokok bahasan menjadi beberapa bagian, yaitu :
Rancangan Sistem :
Perancangan program aplikasi kriptografi dengan menggunakan metode Caesar chiper. Rancangan ini digunakan untuk meningkatkan keamanan pesan. Rancangan ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu dimulai dari perencanaan kemudian pembuatan diagram, yang dilanjutkan dengan menggunakan Flowchart dan Data Flow Diagram, dan dilanjutkan lagi dengan perancangan antar muka program. setelah rancangan sistem ini selesai dilanjutkan dengan pembuatan program aplikasi visual studio 2005. Setelah selesai, program aplikasi tersebut diuji.

Analisa Algoritma Caesar Cipher :
Algoritma adalah urutan langkah- langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis, (R. Munir, 2002). Langkahlangkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu. Algoritma caesar cipher merupakan algoritma klasik yang memiliki langkah-langkah logis sebagai berikut : 
1. Menghitung panjang karakter / huruf yang diinputkan dalam plaintext. 
2. Tiap-tiap huruf diubah menjadi kode ASCII menggunakan proses looping. 
3. Untuk melakukan pergeseran / proses enkripsi maka kode ASCII tersebut digeser dengan cara ditambah sebanyak pergeseran. Misal pergeseran 5 huruf maka kode ASCII ditambah dengan 5. 4. Jika ditemukan spasi (ASCII=32), maka tidak usah dilakukan penambahan. 
5. Hasil pergeseran bilangan ASCII dikembalikan lagi menjadi huruf / karakter.

Analisa Operator XOR :
Operator biner yang sering digunakan dalam cipher yang yang beroperasi dalam mode bit adalah XOR atau exclusive-or. Notasi matematis untuk operator XOR adalah ⊕ (dalam Bahasa C, operator XOR dilambangkan dengan ^ ). Operator XOR dioperasikan pada dua bit dengan aturan sebagai berikut: 
0 ⊕ 0 = 0
0 ⊕ 1 = 1 
1 ⊕ 0 = 1 
1 ⊕ 1 = 0 
Jika dua rangkaian dioperasikan dengan XOR, maka operasinya dilakukan dengan meng-XOR-kan setiap bit yang berkoresponden dari kedua ramngkaian bit tersebut.

3. Hasil Pembahasan

Dari pembahasan penulis mendapatkan beberapa hasil yaitu :
Cara untuk memecahkan permasalahan :
Cara memecahkannya adalah (asumsi: panjang kunci adalah sejumlah kecil byte): 
a. Pergeseran terkecil mengindikasikan panjang kunci yang dicari.. 
b. Geser cipherteks sejauh panjang kunci dan XOR-kan dengan dirinya sendiri. Operasi ini menghasilkan plainteks yang ter-XOR dengan plainteks yang digeser sejauh panjang kunci tersebut.

Proses Enkripsi dan Dekripsi :
Enkripsi merupakan proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Dekripsi merupakan suatu proses penterjemahan sebuah karakter dengan kunci dan aturan tertentu menjadi sebuah karakter atau kalimat asli yang dapat dibaca dan diketahui informasi didalamnya. Adapun proses enkripsi dan dekripsi dalam algoritma caesar cipher.

Cara Kerja Sistem :
Enkripsi
Enkripsi merupakan proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus, berikut adalah langkah-langkah sistem untuk mengenkripsi pesan :
Mulai 
Tentukan kunci dan panjang sandi
Sistem akan melakukan pengulangan i = 1 sampai panjang sandi
Teks_asli[i] = (teks_asli[i] – Kunci ) mod jumlah karakter
Enkripsi_teks = Enkripsi_teks + teks_sandi
Jika i = panjang sandi tidak memenuhi maka akan kembali keproses pengulangan
Jika i = panjang sandi memenuhi maka sistem akan mengenkripsi pesan tersebut
Selesai

Deskripsi
Dekripsi merupakan suatu proses penterjemahan sebuah karakter dengan kunci dan aturan tertentu menjadi sebuah karakter atau kalimat asli yang dapat, berikut adalah langkah-langkah sistem untuk mendekripsi pesan :
Mulai 
Tentukan kunci dan panjang sandi
Sistem akan melakukan pengulangan i = 1 sampai panjang sandi
Teks_asli[i] = (teks_sandi[i] – Kunci ) mod jumlah karakter
Deskripsi_teks = Deskripsi_teks + teks_asli
Jika i = panjang sandi tidak memenuhi maka akan kembali keproses pengulangan
Jika i = panjang sandi memenuhi maka sistem akan mendeskripsi pesan tersebut
Selesai

Dari hasil pembahasan penulis menyimpulkan dengan adanya aplikasi enkripsi dan deskripsi menggunakan metode Caesar Cipher dan XOR dapat meningkatkan kemanan pesan.

Sekian review Jurnal dari saya, terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sketsa Konseptual Automatic Teller Machine (ATM)

U niversitas Teknokrat Indonesia Website UTI :    https://teknokrat.ac.id/   Website FTIK :   https://ftik.teknokrat.ac.id/ Nama     :  Yohanes Bosco Christo Setya Atmaka NPM       :  19316049 Kelas      :  TK 20 A      Disini saya akan menjelaskan tentang sketsa konseptual dari sebuah Automatic Teller Machine (ATM). Automatic Teller Machine (ATM)        A TM adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia.      Mesin ini sering dikunjungi untuk melakukan transaksi perbankan secara mandiri, mulai dari transfer hingga tarik tunai.      ATM hadir sebagai fasilitas yang disediakan bank untuk memudahkan transaksi setiap nasabah karena tidak perlu selalu datang ke bank untuk melakukan transaksi tertentu. Fungsi ATM      Berikut ini beberapa fungsi ATM, yaitu : Menarik uang tunai 24 j

Review Artikel "Perancangan Teknik Kriptografi Block Cipher Berbasis Pola Permainan Tradisional Rangku Alu"

  REVIEW ARTIKEL Judul                     : "Perancangan Teknik Kriptografi Block Cipher Berbasis Pola Permainan Tradisional Rangku Alu " Jurnal                    : Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi Volume  & Hal     : Vol. 5 No. 2, Hal 189-200  Tahun                     : 2019 Penulis                    :  Perdana Bagas Tirta Kumbara, Magdalena A. Ineke Pakereng Link Artikel          :  https://journal.maranatha.edu/index.php/jutisi/article/view/1714 Reviewer : Nama : Yohanes Bosco Christo Setya Atmaka NPM : 19316049 Mata Kuliah : Kriptografi 1. Permasalahan Pada artikel ini menurut penulis pengaruh teknologi informasi kini berperan hampir di setiap aspek kehidupan baik dalam pemerintahan, pendidikan, kesehatan, perbankan, bahkan dalam bidang militer sekalipun. Oleh karena itu dikembangkan sebuah cabang ilmu yang mempelajari tentang keamanan informasi atau data yang disebut dengan Kriptografi. Namun dengan diterapkannya algoritma Kriptografi Block Cipher,

LAPORAN KEGIATAN JALAN SEHAT UTI

LAPORAN KEGIATAN JALAN SEHAT UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA           “SEMANGAT SEHAT”           UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA BANDAR LAMPUNG LAMPUNG 2021   LAPORAN KEGIATAN JALAN SEHAT UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA   A.   LATAR BELAKANG Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga dan mahal harganya. Tiada insan yang rela apabila kesehatannya dibeli oleh orang lain. Hidup sehat membuat siapapun dapat mempermudah aktivitas yang dilakukannya. Ada banyak hal yang dapat dilakukan agar hidup sehat tanpa harus mengeluarkan keringat yang banyak, salah satunya dengan mengikuti jalan sehat. Jalan sehat merupakan  salah satu  olahraga yang murah dan terjangkau  serta  memberikan banyak manfaat, terutama kesehatan. Kemasan kegiatan  yang  membawa nuansa sederhana  dengan  ramai peserta  membuat kegiatan ini semakin meriah. Dan juga dapat digunakan sebagai ajang silaturahmi menjelang datangnya bulan suci ramadhan . Banyaknya kesibukan