Langsung ke konten utama

ALGORITMA BRANCH AND BOUND

 

ALGORITMA BRANCH AND BOUND

Algoritma Branch and Bound adalah metode algoritma umum untuk mencari solusi optimal dari dari berbagai permasalahan optimasi, terutama untuk optimasi diskrit dan kombinatorial. Sebagaimana pada algoritma runut-balik, algoritma Branch and Bound juga merupakan metode pencarian di dalam ruang solusi secara sistematis. Ruang solusi diorganisasikan ke dalam pohon ruang status. Yang membedakan keduanya adalah bila pada algoritma runut-balik, ruang solusi dibangun secara dinamis berdasarkan skema DFS (Depth First Search), maka pada algoritma Branch and Bound ruang solusi dibangun dengan skema BFS (Breadth First Search). Pada algoritma ini, permasalahan dibagi bagi menjadi subregion subregion yang mungkin mengarah ke solusi. Inilah yang disebut dengan branching, mengingat prosedur ini akan dilakukan berulang ulang secara rekursif untuk setiap subregion dan setiap subregion yang dihasilkan akan membentuk sebuah struktur pohon yang disebut sebagai pohon pencarian atau pohon branch-and- bound di mana simpul simpulnya membangun subregion subregion. Selain branching, lgoritma ini juga melakukan apa yang disebut dengan bounding yang merupakan cara cepat untuk mencari batas atas dan bawah untuk solusi optimal pada subregion yang mengarah ke solusi. Algoritma Branch and Bound banyak digunakan untuk memecahkan berbagai macam permasalahan antara lain : persoalan Knapsack 0/1, Travelling Salesman Problem (TSP), The N-Queens Problem (Persoalan N-Ratu), Graph Colouring (Pewarnaan Graf), Sirkuit Hamilton, Integer Programming, Nonlinear Programming, Quadratic Assignment Problem (QAP), Maximum Satisfiability Problem (MAX-SAT), dan lain sebagainya.

Algoritma B&B (Branch and Bound) adalah salah satu algoritma yang digunakan untuk pencarian jalur. Contoh yang dibahas kali ini adalah mengenai pencarian jalur yang melalui semua titik dengan biaya terendah. Algoritma ini memiliki 2 prinsip, yaitu:

·   Algoritma ini akan melakukan perhitungan secara rekursif, akan memecah masalah kedalam masalah-masalah kecil, sambil tetap menghitung nilai terendah / terbaik. Proses ini dinamakan branching

·       Jika branching diterapkan secara sendirian, maka hasilnya akan tetap mencari setiap kemungkinan yang ada. Untuk meningkatkan performa, algoritma ini akan melakukan pencatatan biaya minimum sebagai bound dalam setiap perhitungan, sehingga untuk calon hasil jawaban yang diperkirakan akan melebihi bound akan dibuang karena tidak mungkin akan mencapai nilai terbaik

APLIKASI ALGORITMA BRANCH AND BOUND DALAM PENYELESAIAN INTEGER PROGRAMMING

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa algoritma Branch and Bound dapat digunakan untuk menyelesaikan Integer Programming. Gambar 1 adalah flowchart aplikasi algoritma Branch and Bound dalam menyelesaikan Integer Programming dengan optimasi minimum. Gambar 2 adalah flowchart aplikasi algoritma Branch and Bound dalam menyelesaikan Integer Programming dengan optimasi maksimum. Berikut ini adalah contoh aplikasi algoritma Branch and Bound untuk menyelesaikan Integer Programming :

Persoalan :

Maksimum Z = 9x1 + 5x2 + 6x3 + 4x4

Dengan batasan :

1. 6x1 + 3x2 + 5x3 + 2x4 <= 10

2. x3 + x4 <= 1

3. x1 + x3 <= 0

4. x2 + x4 <= 0

5. xi <= 1, xi >= 0, xi integer

Langkah 1 : Inisialisasi Pohon

Solusi terbaik sampai saat ini : {}

Nilai Z maksimum :

Pohon :


Langkah 2 :

Solusi terbaik sampai saat ini : {}

Nilai Z maksimum :

Pohon :


Langkah 3 :

Solusi terbaik sampai saat ini : {}

Nilai Z maksimum : ~

Keterangan : Iterasi anak kiri aras 1

Pohon :

                          


Langkah 4 :

Solusi terbaik sampai saat ini : {0,1,0,1}

Nilai Z maksimum : 9

Keterangan : Iterasi anak kanan aras 1

Pohon :


Langkah 5 :

Solusi terbaik sampai saat ini : {0,1,0,1}

Nilai Z maksimum : 9

Keterangan: Iterasi anak kanan aras 1 dan anak kiri aras 2

Pohon :


Langkah 6 :

Solusi terbaik sampai saat ini : {0,1,0,1}

Nilai Z maksimum : 9

Keterangan : Iterasi anak kiri aras 2 dengan solusi terbaik

Pohon :

 

Langkah 7 :

Solusi terbaik sampai saat ini : {0,1,0,1}

Nilai Z maksimum : 9

Keterangan : Perluasan anak kiri aras 2

Pohon :


Langkah 8 :

Solusi terbaik sampai saat ini : {0,1,0,1}

Nilai Z maksimum : 9

Keterangan : Iterasi anak kiri aras 3

Pohon :


               

Langkah 9 :

Solusi terbaik sampai saat ini : {0,1,0,1}

Nilai Z maksimum : 9

Keterangan : Bunuh anak kiri aras 3 karena tidak mungkin mengarah ke solusi (melanggar batasan ke 2 dan 4

Pohon :


Langkah 10 :

Solusi terbaik sampai saat ini : {0,1,0,1}

Nilai Z maksimum : 9

Keterangan : Iterasi anak kanan aras 3

Pohon :


Langkah 11 :

Solusi terbaik sampai saat ini : {1,1,0,0}

Nilai Z maksimum : 14

Keterangan : Perluasan anak kanan aras 3 dan iterasi anak kiri aras 4

Pohon :


Langkah 12 :

Solusi terbaik sampai saat ini : {1,1,0,0}

Nilai Z maksimum : 14

Keterangan : Bunuh anak kanan aras 4 karena tidak mungkin mengarah ke solusi (melanggar batasan ke 1)

Pohon :


Langkah 13 :

Solusi terbaik sampai saat ini : {1,1,0,0}

Nilai Z maksimum : 14

Keterangan : Bunuh anak kanan aras 2 karena jika anak kanan aras 4 dibunuh, aras 2 tidak mungkin mengarah ke solusi

Pohon :


Setelah menjalani berbagai langkah, diperoleh solusi optimal dari permasalahan di atas.

Solusi : {1,1,0,0}

Nilai Z maksimum : 14


Refrensi :

https://piptools.net/algoritma-bb-branch-and-bound/

 

Nama            : Yohanes Bosco Christo Setya Atmaka

NPM             : 19316049

Kelas             : TK 19 C

Fakultas         : http://ftik.teknokrat.ac.id/

Universitas    : https://teknokrat.ac.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 13 Bahasa Indonesia

  SISTEM KONTROL SMART HOME MENGGUNAKAN ARDUINO UNO BERBASIS ANDROID     PROPOSAL SKRIPSI Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Sarjana Komputer dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia     Disusun oleh : YOHANES BOSCO CHRISTO SETYA ATMAKA 19316049         PROGRAM STUDI S1 TEKNIK KOMPUTER FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA 2021 BAB I PENDAHULUAN   1.1.   Latar Belakang Perkembangan teknologi belakangan ini telah banyak membantu dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup manusia, salah satunya adalah pengembangan suatu sistem otomasi rumah. Rancang bangun sistem otomasi rumah sudah bukan hal umum ada di kalangan elite. Dengan berbagai fasilitas yang ada, sistem otomasi rumah nantinya bisa memudahkan pemiliknya untukmen jaga dan memberikan kenyamanan bag...

Review Artikel "Sistem Kriptografi Stream Cipher Berbasis Fungsi Chaos Circle Map dengan Pertukaran Kunci Stickel"

Review Artikel Judul                          : "Sistem Kriptografi Stream Cipher Berbasis Fungsi Chaos Circle Map dengan Pertukaran Kunci Stickel" Jurnal                         : Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2017 Tahun                     : 2017 Penulis                    : Afwah Nafyan Dauly, Yudha Al Afis, Aprilia Rizqi Nurcahyani, Dwi Lestari Link Artikel            :  http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/A-2.pdf Reviewer : Nama : Yohanes Bosco Christo Setya Atmaka NPM : 19316049 Mata Kuliah : Kriptografi 1. Permasalahan      Permasalah penulis terdapat...

Langkah-Langkah Untuk Mengamankan Sistem Komputer atau Laptop

  1.   Gunakan selalu Incognito mode saat berada di luar Saat berpergian, kalian terkadang memerlukan komputer atau laptop seperti untuk mengakses email dan media sosial. Untuk melakukan aktivitas tersebut, maka dibutuhkan jaringan internet. Fitur Incognito mode sangat berguna ketika mengakses data penting saat berselancar internet, terutama di tempat publik. Saat masuk dalam mode ini, kalian tidak perlu terlalu mengkhawatirkan data yang tersimpan, bahkan saat lupa menekan tombol  logout . Incognito mode adalah fitur privasi pada situs web untuk menonaktifkan  history  dan  cache browsing .   2.   Pakai Antivirus Saat membeli  komputer  baru, banyak orang khawatir mengenai fitur keamanannya. Kekhawatiran tersebut membuat mereka memasang beberapa aplikasi keamanan sekaligus seperti antivirus dan antispyware. Padahal, hal ini akan membebani kinerja komputer yang berimbas pada performa. Untuk mengatasi permasalahan semacam itu, ...