Langsung ke konten utama

Tugas Pertemuan 13 Bahasa Indonesia


 SISTEM KONTROL SMART HOME

MENGGUNAKAN ARDUINO UNO

BERBASIS ANDROID

 

 

PROPOSAL SKRIPSI

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Sarjana Komputer dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia

 

 


Disusun oleh :

YOHANES BOSCO CHRISTO SETYA ATMAKA

19316049

 

 

 

 

PROGRAM STUDI S1 TEKNIK KOMPUTER

FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER

UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA

2021



BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.  Latar Belakang

Perkembangan teknologi belakangan ini telah banyak membantu dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup manusia, salah satunya adalah pengembangan suatu sistem otomasi rumah. Rancang bangun sistem otomasi rumah sudah bukan hal umum ada di kalangan elite. Dengan berbagai fasilitas yang ada, sistem otomasi rumah nantinya bisa memudahkan pemiliknya untukmen jaga dan memberikan kenyamanan bagi setiap orang yang tinggal didalamnya. Teknologi yang mampu memonitoring dan mengontrol penggunaan perangkat elektronik serta kinerjanya menjadi hal yang dibutuhkan dalam meningkatkan pengontrolan arus listrik dan efisiensi waktu bagi para penggunanya, dengan bantuan Smart Home yang merupakan fitur untuk sebuah tempat tinggal yang memiliki kecerdasan buatan untuk mengatur peralatan listrik yang ada di dalam tempat tinggal kita Smart Home atau rumah pintar merupakan sebuah sistem yang mengintegrasikan alat – alat elektronik yang sering digunakan pada sebuah rumah dengan satu media control dimana media control yang dimaksud adalah Smartphone. Artinya seorang pengguna dapat mengontrol alat – alat elektronik yang terdapat pada rumahnya seperti penerangan dan akses keluar masuk hanya dengan menggunakan satu device saja. Hal ini tentu saja sangat membantu dalam hal efisien waktu dan tenaga bagi masyarakat masa kini yang memiliki serangkaian aktifitas yang padat.

Konsep Smart Home atau rumah pintar ini sudah berkembang sejak lama, contohnya ada pada Film Hollywod di era 2000-an yaitu “Home Alone 4”, dimana didalam film tersebut memperlihatkan pengontrolan rumah mulai dari buka tutup pintu, menyalakan dan mematikan lampu menggunakan media perantara Inframerah. Namun konsep ini masih memiliki kekurangan dalam hal koneksi yang hanya menggunakan inframerah dan menggunakan remote yang didesain khusus, dimana inframerah hanya akan bekerja jika posisi remote diarahkan dan berdekatan dengan peralatan yang akan dikontrol misalnya lampu. Pada akhirnya di akhir tahun 2013 samsung mengeluarkan rancangan awal konsep smarthome yang lebih canggih, dimana konsep terbaru ini menggunakan media Android sebagai pengendali dan wifi/internet sebagai media perantara. Peralatan yang bisa dikendalikan juga lebih banyak, meliputi penerangan, kunci pintu, alarm keamanan, peralatan elektronik, temperature ruangan, dll. Yang kemudian pada akhir tahun 2014 terciptalah Smart Gateway milik Samsung yang sudah mulai dijual dipasaran.

Dengan melihat tingkat kebutuhan masyarakat modern khususnya wilayah Bandar Lampung saat ini mengenai pemanfaatan teknologi terpadu dan seiring berkembangnya pengguna Android Device dan pembangunan perumahan – perumahan baru, penulis ingin merancang dan membuat sistem kendali Smart Home untuk pengontrolan penerangan, cctv, peralatan elektronik dan keamanan rumah melalui device android dengan media perantara wifi yang lebih ekonomis. Dimana sistem ini dapat diaplikasikan pada rumah – rumah tipe minimalis seperti tipe 36 dan tipe 45 yang biasanya memiliki jumlah ruangan yang tidak terlalu banyak, dan biasa dipasarkan dengan kisaran harga 200-300 juta rupiah.

 

1.2.  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Bagaimana membuat sebuah sistem yang memungkinkan penghuni rumah melakukan pengontrolan terhadap alat – alat penerangan, akses keluar masuk seperti pintu rumah dan garasi, kran air, serta keamanan rumah hanya dengan menggunakan satu media pengontrol saja yakni device Android ?

2. Bagaimana membuat sebuah aplikasi android yang dapat berkomunikasi dengan Arduino UNO secara nirkabel menggunakan Wifi serta dapat menampilkan keadaan rumah secara real time ?

3. Bagaimana membuat Arduino uno menjadi ‘otak’ dari sistem yang dapat menerima dan memproses perintah dari penghuni rumah yang menggunakan device Android ?


1.3.  Tujuan Penelitian

Dalam bentuk upaya mengoptimalisasi penggunaan teknologi yang umum digunakan saat ini, penulis berinisiatif membuat suatu sistem control pada rumah yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol lampu, akses keluar masuk seperti pintu rumah dan pintu garasi, kran air, serta aspek keamanan pada rumah yang terintegrasi dengan 1 buah pengontrol dalam hal ini menggunakan device android yang menerapakan pengontrolan secara nirkabel (wi-fi) menggunakan mikrokontroller arduino uno untuk membantu dan memudahkan kinerja maupun kualitas hidup manusia modern, tujuan dari laporan ini adalah membuat karya yang mampu melakukan hal-hal berikut :

1. Bagaimana membuat sebuah sistem yang memungkinkan penghuni 1.  rumah melakukan pengontrolan terhadap alat – alat penerangan, akses keluar masuk seperti pintu rumah dan garasi, kran air, serta keamanan rumah hanya dengan menggunakan satu media pengontrol saja yakni device Android ?

2. Bagaimana membuat sebuah aplikasi android yang dapat berkomunikasi dengan Arduino UNO secara nirkabel menggunakan Wifi serta dapat menampilkan keadaan rumah secara real time ?

3. Bagaimana membuat Arduino uno menjadi ‘otak’ dari sistem yang dapat menerima dan memproses perintah dari penghuni rumah yang menggunakan device Android ?


1.4.  Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini adalah mempermudah kinerja manusia dalam hal pengontrolan, dan pengamanan dalam rumah dengan menggunakan device Android sebagai media control dan mikrokontroler Arduino sebagai otak dari sistem yang akan memproses perintah yang masuk dari User melalui Device Android. Dimana dengan adanya sistem ini memungkinkan penghuni rumah melakukan pengontrolan terhadap penerangan, akses keluar - masuk dan memantau keadaaan dalam rumah menggunakan satu device saja yaitu Android Device.


Nama                          : Yohanes Bosco Christo Setya Atmaka

NPM                           : 19316049

Kelas                           : TK 19 C

Website Fakultas       http://ftik.teknokrat.ac.id

Website Universitas   https://teknokrat.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Artikel "Sistem Kriptografi Stream Cipher Berbasis Fungsi Chaos Circle Map dengan Pertukaran Kunci Stickel"

Review Artikel Judul                          : "Sistem Kriptografi Stream Cipher Berbasis Fungsi Chaos Circle Map dengan Pertukaran Kunci Stickel" Jurnal                         : Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2017 Tahun                     : 2017 Penulis                    : Afwah Nafyan Dauly, Yudha Al Afis, Aprilia Rizqi Nurcahyani, Dwi Lestari Link Artikel            :  http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/A-2.pdf Reviewer : Nama : Yohanes Bosco Christo Setya Atmaka NPM : 19316049 Mata Kuliah : Kriptografi 1. Permasalahan      Permasalah penulis terdapat...

Langkah-Langkah Untuk Mengamankan Sistem Komputer atau Laptop

  1.   Gunakan selalu Incognito mode saat berada di luar Saat berpergian, kalian terkadang memerlukan komputer atau laptop seperti untuk mengakses email dan media sosial. Untuk melakukan aktivitas tersebut, maka dibutuhkan jaringan internet. Fitur Incognito mode sangat berguna ketika mengakses data penting saat berselancar internet, terutama di tempat publik. Saat masuk dalam mode ini, kalian tidak perlu terlalu mengkhawatirkan data yang tersimpan, bahkan saat lupa menekan tombol  logout . Incognito mode adalah fitur privasi pada situs web untuk menonaktifkan  history  dan  cache browsing .   2.   Pakai Antivirus Saat membeli  komputer  baru, banyak orang khawatir mengenai fitur keamanannya. Kekhawatiran tersebut membuat mereka memasang beberapa aplikasi keamanan sekaligus seperti antivirus dan antispyware. Padahal, hal ini akan membebani kinerja komputer yang berimbas pada performa. Untuk mengatasi permasalahan semacam itu, ...